Rokok Juga Sebabkan Osteoporosis

Banyak yang belum tahu manfaat olahraga, selain bisa membentuk fisik lebih kuat, bisa juga menjaga tulang agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit tulang (osteoporosis).

Namun olahraga yang dimaksud untuk tulang ini bukan olahraga yang berat seperti sepakbola atau yang lainnya, melainkan hanya berolahraga santai seperti jalan santai dan renang.

Hal ini disampaikan oleh dokter sepesialis tulang dr Safruddin SpOT, kepada Riau Pos. Disebutkan, hendaknya sebelum terjadi sakit pada tulang, sebaiknya dicegah lebih dini. Sebab jika sudah terjadi baru dicegah maka akan banyak yang rugi.

‘’Salah satu cara untuk menjaga tulang agar tetap sehat adalah rajin berolahraga, jalan santai dan renang adalah olahraga yang cocok untuk pencegahan ini,’’ ujar Safruddin yang juga merupakan dokter part time spesialis tulang di Eka Hospital menyebutkan, Selasa (8/12).

Disebutkannya, penyakit tulang atau osteoporosis ini lebih banyak mengancam kaum wanita yang memasuki masa menopouse atau usia lanjut. Tahapan umur yang sering mengalaminya adalah di atas usia 50. Namun itu semua masih bisa diatasi dengan berbagai macam langkah. sakit tulang yang terjadi di organ tubuh ini adalah mencakup secara keseluruhan, mulai dari persendian, punggung dan lain-lain yang terkait.

Dikatakan, selama menjadi dokter yang bertugas di beberapa rumah sakit, dia menangani lima pasien sehari dengan keluhan sakit tulang. Dan ini banyak disebabkan oleh berbagai sebab

seperti diketahui tingkat kepadatan tulang menurun. Osteoporosis menggerogoti kekuatan tulang trabecular sehingga kekuatannya berkurang drastis, juga tulang cortical menipis dan secara keseluruhan tulang akan mudah patah.

‘’Sehari saya menangani sedikitnya lima pasien dengan keluhan sakit tulang, dan jika ditotal perbulan berarti 150 pasien. Untuk itu, sebelum terjadi hendak dijaga dan rawat tulangnya,’’ ungkapnya.

Untuk itu, sebagai langkah antisipasi pencegahan untuk perawatan tulang dengan berolahraga teratur, asupan makanan harus yang bergizi dan berserat tinggi. Usahakan untuk mengonsumsi susu berkalsium tinggi, jika merasa ada keluhan di seputar tulang atau persendian, segera berkonsultasi ke dokter. Melakukan diet seimbang dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D.

Selain itu, dianjurkan untuk tidak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, karena ikut memberikan dampak terhadap tulang, dan melakukan tes kekuatan tulang secara rutin.

Menyoal ada agenda melangkah bersama anlene, yang akan dilaksanakan akhir pekan ini, Safruddin ikut berkomentar kegiatan ini sangat baik dan harus didukung. ‘’Saya mendukung acara ini, dan hendaknya dimanfaatkan untuk menyehatkan tulang,’’ tutupnya.

Artikel Terkait :

2 Comments

Comments

Pertamaxx...
untung saya ga ngerokok... mengikuti jejak papa nih... ga merokok..

Mantap artikelnya bro... :)

Leave a Comment

Next Post Previous Post
© 2010 Trik Sulap | English Text | Narrative Text | Recount | Spoof Story Author Bos Sulap