Saksikan! Malam Ini Purnama Terbesar di 2010

INILAH.COM, New York - Malam ini akan muncul bulan purnama terbesar dan paling terang di tahun 2010. Masyarakat AS menyebut bulan purnama ini sebagai bulan serigala.



Budaya AS meyakini serigala lapar melolong pada bulan purnama, di malam musim dingin. Setiap bulan membawa nama yang berbeda dan bulan purnama di awal tahun disebut bulan serigala.

Tapi kenapa bulan purnama kali ini akan lebih besar daripada yang lain?



Bulan, rata-rata berjarak 238.855 mil (384.400 km) dari Bumi. Orbit bulan yang mengitari Bumi yang menyebabkannya harus melalui semua tahapan sekali setiap 29,5 hari - bukan lingkaran sempurna, tapi elips.

Satu kali orbit jaraknya 31.070 mil (50.000 km) lebih dekat daripada yang lain. Jadi, dalam setiap orbit, bulan merupakan titik paling dekat dengan bumi yang disebut perigee. Sekali atau dua kali setahun, perigee muncul bertepatan dengan bulan purnama.

Karena itu malam ini bulan akan lebih besar dan terang daripada bulan purnama lain dalam setahun. Malam ini akan menjadi sekitar 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang daripada bulan purnama biasa, menurut Spaceweather.com.

Sebagai bonus, Mars akan berada di kiri bulan malam ini terlihat berwarna merah seperti bintang.

Banyak orang memperkirakan bulan purnama ini menyebabkan perilaku aneh di antara hewan dan bahkan manusia.

Bahkan, beberapa studi selama bertahun-tahun telah mencoba untuk mengaitkan fase lunar ini dengan kelahiran, serangan jantung, kematian, bunuh diri, kekerasan, penerimaan suaka dan serangan epilepsi, dan banyak lagi. Kaitan itu belum tahu ada atau tidak.

Bulan memang memiliki beberapa efek aneh ke planet bumi, dan ada fakta lain yang disebabkan bulan prunama, di mana bulan purnama perigee ini menyebabkan pasang di laut karena daya tarik bulan ke bumi hingga menciptakan pasang surut dalam kerak planet, bukan hanya di laut.

Pantai juga lebih terpolusi saat bulan purnama, karena air pasang lebih tinggi. Sebenarnya tidak ada yang namanya bulan purnama.

Bulan purnama terjadi ketika matahari, bumi dan bulan semua hampir sebaris. Jika mereka benar-benar sejajar, Bumi melemparkan sebuah bayangan di bulan dan ada gerhana bulan total.

Artikel Terkait :

9 Comments

Comments

wah, mau lihat nih. pinter kamu. haha bisa2 aja, namanya

Subhaanallah, tanda kebesaran Allah. Terima kasih infonya

beneran ya?
mau ke google cari info lebih lanjut

Wah info bagus.. n'tar liat ahh...

mudah2an di mataram gak mendung...! makasih chan!

bener gak tuh, malam ini, maksudnya malam 31 januari 2010??

dah muncul ndak jam segini
liat keluar aaaaaaaaaah

Leave a Comment

Next Post Previous Post
© 2010 Trik Sulap | English Text | Narrative Text | Recount | Spoof Story Author Bos Sulap