Volume Sampah Malam Tahun Baru Setara dengan Gedung 50 Tingkat


Volume sampah pada perayaan malam Tahun Baru di Bandung Kamis malam (31/12/2009), setara dengan gedung 50 tingkat atau seluas lapangan bola dengan ketebalan 30 centimeter.

"Volume sampah tadi malam mencapai 150 meter kubik atau setara dengan lapangan bola dengan ketebalan 30 centimeter. Atau sama dengan bangunan setinggi 50 tingkat dengan lebar 1 meter. Bayangkan saja, satu tingkatnya 3 meter," ujar Kepala PD Kebersihan Kota Bandung Cece H Iskandar saat dihubungi detikbandung melalui telepon, Jumat (1/1/2009).

Menurutnya volume sampah di titik-titik keramaian malam Tahun Baru meningkat lima kali lipat dibandingkan hari biasanya. Biasanya hanya 30 meter kubik.

"Setiap hari hanya di beberapa titik saja yang sampahnya menggunung seperti Dago, Alun-alun, Kosambi, dan Cicadas. Tapi tadi malam, meluas ke Gasibu, Pasupati, Ujung Berung, dan Otista yang volumenya menjadi 150 meter kubik," jelas Cece.

Untuk membersihkan tumpukan sampah tersebut, kata Cece, pihaknya mengerahkan 515 petugas kebersihan, di mana 337 orang adalah penyapu, dan sisanya pengemudi dan pengawas.

"Petugas sapu membersihkan sampah setelah pukul 00.00 WIB dan beres pada pukul 05.00 WIB," ungkapnya.

Sementara untuk mengangkut 150 meter kubik sampah itu dibutuhkan 15 truk. "Kita langsung bawa sampah itu ke TPA Sarimukti," jelas Cece.

Artikel Terkait :

0 Comments

No comments yet. Be the first to leave a comment !
Leave a Comment

Next Post Previous Post
© 2010 Trik Sulap | English Text | Narrative Text | Recount | Spoof Story Author Bos Sulap