SBY Lempar Balik Bola Panas Century ke DPR

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dinilai telah 'melempar balik' bola panas kasus Century ke DPR. Strategi politik yang dinilai cerdas.

"Strategi lempar bola itu menunjukkan kecerdasan politik. Seperti melempar bola panas ke DPR lagi," kata Burhanudin Muhtadi, peneliti senior Lembaga Survei Indonesia (LSI), dalam perbincangan dengan VIVAnews, Selasa 23 Maret 2010.

Salah satu opsi yang dilemparkan SBY kembali ke DPR dinilai sudah benar dan tepat. Yakni soal perlu persetujuan DPR terkait penggantian dana nasabah antaboga yang bersumber dari uang negara.

"Dengan demikian, DPR dalam posisi 'tidak memiliki pilihan lain'," ujar lulusan Australian National University itu.

Burhanudin mengambil contoh. Bila akhirnya DPR tidak menyetujui penggunaan uang negara untuk mengganti dana nasabah Antaboga, maka nasabah akan menjatuhkan kesalahan kepada Dewan.

"SBY tinggal mengatakan saja, nasabah antaboga silakan ke DPR. Kalau DPR menolak, silakan tuding DPR," kata dia lagi.

Seperti diketahui, Pemerintah menawarkan dua opsi untuk mengatasi permasalahan nasabah reksadana PT Antaboga Delta Sekuritas.

"Opsi pertama, sumber pendanaan (penggantian Antaboga) berasal dari pendapatan negara," kata Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM Djoko Suyanto di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 22 Maret 2010.

Itu merupakan pola perumusan pertama penyelesaian nasabah. Untuk pilihan pertama ini, pemerintah akan mengajukan kepada DPR sesuai peraturan yang berlaku.

Artikel Terkait :

0 Comments

No comments yet. Be the first to leave a comment !
Leave a Comment

Next Post Previous Post
© 2010 Trik Sulap | English Text | Narrative Text | Recount | Spoof Story Author Bos Sulap