Pembukaan Piala Dunia 2010 Afrika Selatan

VUVUZELA - Publik Afrika Selatan meniupkan vuvuzela sembari memegang bendera negaranya.

JOHANNESBURG – Penantian lama publik Afrika akan berakhir pada Jumat ini. Pasalanya, hari ini Afrika Selatan akan menjalani laga pembuka turnamen akbar Piala Dunia 2010 melawan Meksiko.

Publik Afrika Selatan tengah dihinggapi rasa bangga terhadap negaranya yang mampu menggelar Piala Dunia. Gelombang euphoria menyambut ajang empat tahunan ini pun tampak membahana di setiap penjuru Afrika. Kegembiraan masyarakat semacam ini tidak tampak lagi sejak runtuhnya rezim apartheid dan pemilihan Nelson Mandela sebagai Presiden Afrika Selatan pada 16 tahun silam.

"Ada waktu yang menjadi penentu sejarah sebuah negara. beberapa saat yang menentukan sejarah sebuah negara. Menjelang penyelenggaraan Piala Dunia 2010, sebagian masyarakat kami cenderung tidak yakin kalau Afrika Selatan bisa menggelar turnamen akbar ini. Ini sebuah penghormatan bagi demokrasi kami,” kata Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma.

Menurut dia, sebanyak tiga puluh satu dari 32 tim yang akan bertanding dijamin mendapat keamanan di Afrika Selatan. Spanyol merupakan tim paling favorit kebanyakan orang, tim ini akan tiba pada Jumat ini. Miliaran orang di muka bumi ini bisa mengetahui dan terhibur oleh bintang favorit mereka saat turnamen berlangsung selama satu bulan. Skuad Bafana Bafana (The Boys) akan menghadapi Meksiko di Stadion Soccer City yang berkapasitas 90.000 kursi penonton. Sementara di Grup A, Prancis akan berhadapan dengan Uruguay di Cape Town.

Dukungan terhadap tim Afrika Selatan sudah terindikasi dari banyaknya warga Afrika Selatan yang meniupkan vuvuzela. Suara terompet-terompet ini serasa memekakkan telinga siapa pun yang mendengarnya. Kehadiran Mantan Presiden Nelson Mandela yang menjadi ikon negara tersebut, bakal menjadi inspirasi bagi kapten Afrika Selatan, Aaron Mokoena dan timnya.
Mandela akan bergabung dengan sekitar 20 kepala negara Afrika di pertandingan pembukaan, termasuk Presiden Zimbabwe Robert Mugabe. Wakil Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Shakira, Black Eyed Peas dan Alicia Keys termasuk di antara para seniman yang akan menggelar konser untuk memeriahkan turnamen Piala Dunia di Soweto.

Kesuksesan penyelenggaraan Piala Dunia 2010 akan menjadi prestasi besar bagi Afrika Selatan yang telah melewati berbagai kesulitan untuk menggelar ajang akbar ini selama enam tahun.

Banyak orang pesimistis terhadap kesiapan Afrika Selatan untuk menggelar turnamen. Mereka juga mengkhawatirkan tindak kejahatan, akomodasi dan keamanan.

Kick-off pembukaan Piala Dunia di Johannesburg juga dikeluhkan sebagian orang, mengingat cuaca dingin yang menyelimuti kota. Cuaca di Johannesburg pada pembukaan turnamen ini diperkirakan akan mendekati titik beku.

http://bolaliar.com/piala-dunia/berita/7725-jelang-kick-off-piala-dunia-2010.html

Artikel Terkait :

0 Comments

No comments yet. Be the first to leave a comment !
Leave a Comment

Next Post Previous Post
© 2010 Trik Sulap | English Text | Narrative Text | Recount | Spoof Story Author Bos Sulap