Kapan Hari Raya Idul Adha 2010 ?

Kapan Hari Raya Idul Adha 2010 ? mungkin pertanyaan itu yang muncul menjelang hari raya idul adha. Negara Timur Tengah dan Muhammadiyah Idul Adha 16 November, sementara pemerintah menetapkan 17 November 2010


Sebagaimana diduga sebelumnya, perayaan Hari Raya Idul Adha berbeda. Pemerintah, melalui Kementerian Agama telah menetapkan 1 Zulhijah atau Idul Adha 1431 Hijriyah jatuh pada 17 November 2010.

Penetapan Idul Adha diputuskan melalui sidang isbat yang digelar Badan Rukyat dan Hisab Kementerian Agama di Jakarta, Senin, 8 November 2010. Penetapan ini berdasarkan posisi hilal di seluruh wilayah Indonesia pada Sabtu kemarin ketinggiannya masih di atas ufuk tapi di bawah dua derajat.

Cecep Nurruddin Hidayat dari Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama RI memaparkan ketinggian hilal pada 6 November 2010 dilihat dari Pelabuhan Ratu tidak lebih dari dua derajat.

"Tinggi hilal di Indonesia lebih memungkinkan melihat hilal sementara di Arab Saudi hilal begitu tipis hanya 0,46 derajat, tapi secara hakiki meskipun di Indonesia bisa terlihat tapi belum bisa dikatakan masuk bulan Dzulhijjah."

Dalam sidang isbat itu, awalnya muncul perbedaan pendapat, namun akhirnya semua bisa menyetujui istikmal atau menyempurnakan bulan Zulhijah 1431 H, menjadi 17 November.

Dengan pengumuman pemerintah Idul Adha tanggal 17 November, berarti berbeda dengan ketentuan Hari Raya Idul Adha Muhammadiyah dan pemerintah di Negera-negara Timur Tengah yang mengumumkan akan melaksanakan Idul Adha sehari sebelumnya, tanggal 16 November 2010.

Meski berbeda, Direktur Jenderal Bimbingan Islam Kemenag, Nazaruddin Umar mengatakan, persatuan antar ummat menjadi landasan utama dari penetapan tersebut. Karena itu, kata Nazsruddin, semua pihak diharapkan bisa memakluminya.

“Kami menetapkan bahwa 1 Dzulhijjah 1431 Hijriyah jatuh pada Senin 8 November 2010, sehingga Idul Adha atau 10 Dzulhijjah jatuh pada Rabu 17 November 2010,” kata Nasaruddin Umar di Jakarta, Senin, 8 November 2010.

Sebelumnya, beberapa Negara di Timur Tengah seperti Saudi dan Medir mengumumkan pelaksanaan Idul Adha 2010 jatuh tanggal 16 November, termasuk salah satu organisasi Islam terbesar Muhammadiyah.

Artikel Terkait :

3 Comments

Comments

salam sahabat
ehm itu di indonesia ya,kalau ditempat saya cina pada tanggal 17 mas.good luck

Harum :

Jadi bingung,mas salam kenal...follow sukses,,di tunggu kunjungannya

Leave a Comment

Next Post Previous Post
© 2010 Trik Sulap | English Text | Narrative Text | Recount | Spoof Story Author Bos Sulap